Makna Di Balik Logo Perusahaan Smartphone Ternama



Di balik pembuatan logo sebuah brand tentunya memiliki makna yang berarti bagi sebuah perusahaan, lantas apakah anda mengetahui apa saja makna dari logo-logo dari perusahaan smartphone yang cukup populer? Berikut ulasannya


Samsung


Samsung berhasil menjadi salah satu perusahaan elektronik sukses di dunia, tak hanya di negara asalnya Korea Selatan (Korsel). Perusahaan ini telah berdiri sejak 1938, tapi tahukah Anda mengenai makna di balik logo Samsung ? Samsung dalam bahasa Korea berarti 'bintang tiga'. Nama ini dipilih oleh pendiri Samsung, Lee Byung-chull, dengan harapan Samsung pada suatu hari bisa tumbuh kuat dan menjadi abadi layaknya bintang di langit.

Lee Byung-chull tentunya tak sembarangan memilih nama brand tersebut. Pemilihan angka tiga pun ternyata memiliki makna sama dengan harapan Lee Byung-chull.Angka tiga adalah sebuah simbol dalam bahasa Korea, yang merepresentasikan sesuatu yang besar dan kuat. Harapan dan makna di balik brand Samsung pun kini terbukti dengan keberhasilan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir, terutama di industri smartphone. Samsung sendiri telah beberapa kali mengubah logonya. Bintang tiga terlihat dalam evolusi logo Samsung sejak 1950 hingga 1992.


Iphone


Rob Janoff, sang desainer logo Apple, mengklaim dengan tegas bahwa dia tidak sengaja menciptakan makna tersebut saat mendesain logo Apple pada tahun 1977. Dia mengatakan bahwa Jobs hanya memintanya untuk membuat outline sederhana dari apel. Alasan mengapa buah itu tergigit hanyalah untuk membedakannya dari buah ceri. Gigitan itu hanya dibuat sebagai skala sehingga meski kecil, logo Apple tetap terlihat seperti apel, bukannya buah ceri.

Selain itu, Janoff juga cukup senang ketika desain apel tergigitnya (biten apple) menjadi simbol ‘bytes’. Bytes merupakan fondasi penting dalam dunia komputer. Mengenai warna pelangi dengan urutan acak yang bertahan selama 22 tahun, Janoff menyatakan, "Warna itu mewakili warna bar di layar. Itu juga merupakan usaha untuk membuat logo yang bisa diakses siapa saja, terutama pemuda sehingga Steve bisa memasukkan mereka ke sekolah".


Asus

Kata ‘ASUS’ diambil dari empat huruf terakhir kata Pegasus, kuda bersayap dalam mitologi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan. ASUS menjelmakan kekuatan, kemurnian dan jiwa petualang dari makhluk mengagumkan ini, dan membubung tinggi menuju puncak dengan setiap produk yang diciptakannya.


Xiaomi


Perusahaan asal Tiongkok ini hanya memasang kata Mi dalam logonya. Keputusan itu bukannya sejalan dengan rencana perusahaan untuk menembus pasar internasional. Logo Mi sendiri berarti 'Mobile Internet' dan dapat diartikan pula sebagai lain 'Mission Impossible'. Kata itu dipilih karena Xiaomi menghadapi banyak tantangan di awal pendiriannya.

Di sisi lain, logo ini juga membuatnya lebih mudah diucapkan oleh banyak orang. Sekadar informasi, Xiaomi sendiri dalam bahasa mandarin diucapkan sebagi 'Shao-Mi'.


Huawai


Di Indonesia, smartphone Huawei mungkin masih dipandang sebelah mata. Namun, tahukah kamu kalau Huawei adalah produsen smartphone terbesar ke-3 di dunia? Selain nama Huawei, brand-nya sendiri menggunakan logo berbentuk kelopak bunga. Hal ini merupakan simbolisasi dari suku kata Hua yang bisa berarti kelopak bunga atau juga bisa berarti gelora dan mewah dalam bahasa Mandarin.

Sedangkan suku kata kedua yaitu Wei memiliki arti pencapaian, prestasi, atau aksi dalam bahasa Mandarin. Jadi bisa disimpulkan logo Huawei melambangkan pencapaian yang menggelora atau membanggakan. Sejalan dengan prinsip Huawei yang berkomitmen ingin terus berkembang dan berinovasi demi memenuhi kepuasan pelanggannya.

Makna Di Balik Logo Perusahaan Smartphone Ternama Makna Di Balik Logo Perusahaan Smartphone Ternama Reviewed by Ulum on Juli 22, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.